Pengertian dan Penjelasan Macam-macam SanggaPramuka Penegak

Assalamulaikum Wr. Wb.

Salam Pramuka !!

Selamat datang di Blog Dulu Official, perlu kakak ketahui saja, bahwa pada Blog ini saya sebagai penulis akan menjelaskan semua tentang Pramuka. Mulai dari materi, tips dan trik dan lain lainnya. Nah pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang "APA SIH ITU AMBALAN ?" tentunya bagi kakak - kakak yang sudah SMK/SMA/MA sudah tidak asing lagi dengan nama "AMBALAN". Akan tetapi kebanyakan pramuka yang saya ketahui, masih belum faham tentang ambalan loh. Jadi agar kakak - kakak gak penasaran mari simak penjelasan berikut ini .


  • Apa itu AMBALAN ?

Ambalan merupakan satuan dalam pramuka penegak yang terdiri dari anggota pramuka dengn jumlah 32 orang  dan kumpulan dari beberapa sangga, biasanya dalam 1 gugus depan terdapat dua ambalan putra dan putri karena satuan terpisah. Dan di dalam ambalan juga terdapat satuan terkecil yaitu sangga. Nah sangga ini sama saja dengan Regu jika pada tingkatan Penggalang dan Barung pada tingkatan Siaga.

Nah tentunya pada saat kakak - kakak SD dulu pernah memakai Barung yang berbentuk segitiga dan memiliki warna yang berbeda beda, untuk penggalang dari kelas 4 SD hingga kelas 3 SMP biasanya memakai Regu , jika putra umunya dengan nama hewan, sedangkan putri menggunakan nama bunga. akan tetapi jika kakak - kakak sudah SMK/SMA/MA (Pramuka Penegak) maka memakai Sangga. Sangga ini terbagi menjadi 5 yaitu :


sangga pramuka penegak
5 SANGGA PADA PRAMUKA PENEGAK




     1.    Sangga Perintis


Sangga Perintis ini bertepatan dengan hari kebangkitan nasional pada tanggal 20 mei 1908 dimana pada saat itu indonesia masih dalam masa penjajahan. Bangsa indonesia mulai berpikir lalu mulai merintis dan menyatukan kekuatan untuk berjuang melawan penjajah.

Kiasan dari sangga perintis ini agar dapat merintis ide – ide tersebut agar berjalan dengan lancar.


     2.    Sangga Pencoba

Sangga pencoba untuk meneruskan ide – ide pada saat saat hari kebangkitan nasional yang di pelopori oleh boedi oetomo dan untuk mengenang peristiwa yang sudah kelam yaitu terjadinya pengkhianatan G 30 S/PKI yang melakukan pembantaian yang sadis terhadap tentara AD. Pada peristiwa itu upaya PKI untuk mengganti falsafah hidup NKRI dari pancasila menjadi komunis.

Kiasan sangga pencoba di tuntut untuk berani mencoba dalam hal positif


     3.    Sangga Pendobrak

Sangga Pendobrak di ambil pada saat terjadi proklamasi kemerdekaan indonesia tanggal 17 agustus 1945. Untuk mengingatkan kakak akan para pahlawan  yang telah berjuang menuju indonesia merdeka. Karena berkat merekalah kakak kakak  bisa menikmati kemerdekaan itu hingga saat ini.

Sangga pendobrak mengandung kiasan harus berani dalam mengemukakan kebenaran dalam mengungkap ketidak adilan dan kemungkaran.


     4.    Sangga Penegas

Sangga penegas biasa diartikan dengan menegaskan kembali ide – ide dari sangga perintis agar bisa mengambil keputusan yang arif dan bijaksana.

Kiasannya harus tegas dalam mengambil keputusan


     5.    Sangga Pelaksana

Sangga Pelaksana ini sangga yang terakhir agar mengingatkan kakak - kakak akan kemerdekaan indonesia dan harus mengisi jasa – jasa para pahlawan dengan hal yang memajukan bangsa agar perjuangan mereka tidak di sia – siakan.

Kiasannya harus bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.


Dalam ambalan juga ada hal – hal penting yang harus di penuhi diantaranya

  •  Sandi Ambalan

Sandi ambalan adalah sebuah gagasan, ide – ide dan curhatan dari anggota pramuka yang menunjukan ciri khas dari ambalan tersebut. Mau itu berupa puisi ataupu wejangan. Bahasa yang digunakannya juga tidak hanya menggunakan bahasa indonesia ada yang menggunakan bahasa kesukuan. Biasanya di gunakan dalam acara pramuka pelantikan, upacara dan kegiatan lainnya. Sang pemangku adat yang membacakan sandi ambalan tersebut.

  • Pusaka Ambalan

Pusaka ambalan adalah sebuah benda yang menjadi lambang  dari ambalan. Pasaka ambalan ini bisanya di ambil dari pusaka – pusaka daerah. Kita di ajarkan untuk saling menghormati antar adat. Digunakannya juga sama dalam acara seperti pelantikan, upacara dan lainnya. Asalkan tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku.

  • Adat Ambalan

Adat ambalan adalah aturan atau kebiasaan yang berlaku dalam sebuah gugus depan pramuka yang di ciptakan oleh anggota pramuka itu sendiri yang telah disepakati agar di jadikan sebagai pedoman yang harus di taat oleh setiap warga gugus depannya.

Adat ambalan diatur sedemikian rupa untuk kelangsungan gugus depan pramuka misalnya aturan makan, aturan berpakaian, sikap yang harus sopan santun dan menghargai. Aturan inilah yang harus di terapkan dalam setiap pertemuan pramuka.

  •  Bendera Ambalan

Bendera ambalan adalah sebuah bendera yang menandakan identitas ambalan itu sendiri seperti logo gugus depannya. Di gunakan sama dalam acara pramuka dan di pasang bersama bendera merah putih, tunas dan wosm.
  • Badge Ambalan

Badge ambalan adalah sebuah lambang atau logo yang biasanya di pasang di sebelah  lengan kiri di bawah bet sangga tapi ada juga yang di pasang bet sangga di bawah bet ambalannya di atas.

sekian dulu penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi kakak - kakak semua.
Baca Juga
Previous Post Next Post