Penjelasan 12 Gerakan Dasar PBB Pramuka

 DULU OFFICIAL - Hai kakak-kakak semua, jumpa lagi nih dengan mimin, eh iya tanpa mengurangi rasa hormat Salam Pramuka !!. Gak terasa yah, udah hari jumat aja nih, saatnya membahas materi pramuka. Untuk materi kali ini untuk seluruh anggota pramuka baik dari Siaga, Penggalang, Penegak, maupun Pandega. Bisa ditebak apa itu ? Yaps benar PBB. Apa sih itu PBB ? PBB kepanjangan dari Peraturan Baris Berbaris. Apa Fungsi dari PBB ? PBB berfungsi untuk melatih seorang anggota pramuka untuk disiplin. Jika ingin belajar gerakan dasar pbb yuk simak penjelasan berikut ini.





PBB sendiri tidak hanya digunakan di organisasi Pramuka saja, namun ketika kakak-kakak ingin menjadi abdi negara TNI/POLRI dan sejajarnya PBB ini masih tetap digunakan loh. Jadi PBB sangat penting diketahui oleh kakak kakak semua. 


12 Gerakan Dasar PBB


1. Posisi Siap Sempurna


Untuk posisi siap sempurna, pandangan ke depan, dada dibusungkan, tangan mengepal dan berada si posisi samping kanan dan kiri badan (mudahnya letakkan di  jahitan samping celana pramuka)., untuk posisi kaki rapat membentuk huruf V atau dibuka 45 derajat. Pada saat posisi siap tidak boleh ada gerakan sedikitpun.


2. Posisi Istirahat ditempat


Untuk posisi ini pandangan tetap ke depan dada dibusungkan dan tangan kanan dan kiri ke belakang badan lalu tangan kiri pepegang pergelangan tangan kanan dan posisi tangan berada di atas ikat pinggang, untuk posisi kaki kiri dibuka selebah bahu 


3. Posisi Hormat


Untuk posisi hormat bisa dilakukan dengan mudah. Telapak tangan tulus jari rapat kemudian letakkan ujung jari telunjuk di pelipis mata kanan, untuk posisi lengan agak dibuka.


4. Posisi Lencang Kanan/Kiri


Untuk posisi ini gerakan yang perlu dilakukan setelah mendengar aba-aba "Lencang kanan Grak" . Hal yang perlu kalian lakukan adalah menoleh ke kanan kemudian jika posisi berdempetan letakkan tangan di belakang teman samping kanan, kemudian melangkahlah ke kiri hinga lurus. Jika sudah lurus pandangan kembali ke depan dan posisi tangan masih lencang kanan.


5. Posisi Setengah Lencang Kanan


Untuk gerakan dari setengah lengan lencang kanan sama seperti lencang yaitu wajah menoleh ke arah kanan untuk meluruskan sambil bergeser. Posisi tangan berada di pinggang.


6. Posisi Lencang Depan


Untuk posisi lencang depan jarak antara barisan di tambah dengan 2 kepalan tangan jadi tangan tidak menyentuh punggung di depannya, melainkan memiliki jarak 2 kepal tangan.


7. Posisi Berhitung 


Untuk posisi berhitung yang perlu kalian lakukan yaitu pada saat ada aba-aba "Berhitung" kalian langsung menoleh ke sebelah kanan dan pada saat ada aba aba "GRAK" kalian secara otomatis menoleh ke depan terlebih dahulu kemudian mengucapkan angka.


8. Posisi Jalan ditempat


Untuk posisi jalan ditempat posisi tangan di samping badan tidak melambai-lambai, untuk posisi kaki di angkat ke depan "Rata-rata air", untuk posisi turun kaki agar tidak mudah capet yaitu ujung kaki terlebih dahulu menyentuh tanah kemudian bagian kaki lainnya.


9. Hadap kanan / kiri


Untuk melakukan posisi hadap kanan atau kiri sama saja, hanya arahnya bisa kalian sesuaikan. Contoh pelaksanaan hadap kanan, kaki kiri berada di depan kaki kanan, selanjutnya badan diputar 90 derajat ke arah kanan, terakhir kaki kiri menutup kembali.


10 Hadap Serong kanan/kiri


Untuk melakukan gerakan hadap serong kanan/kiri ini mirp seperti hadap namun untuk serong sendiri kita menghadap ke arah pojok pojok dari mata angin. contohnya Hadap seong kiri kaki kanan berada di depan jempol kaki kiri , lanjut kaki kiri berputar sedikit menghadap ke arah ujung, lalu kaki kanan menurup


11. Balik kanan


Untuk posisi balik kanan posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. kemudian kaki kanan berputer 180 derajat dan kaki kiri menutup. ingat di dalam PBB tidak ada namnya Balik Kiri.


 

Nah jadi itulah beberapa penjelasan tentang gerakan dasar pbb pada pramuka. Gimana nih sudah faham kan tentang gerakan dasar pbb ini, heheheh gak terasa ya udah abis aja, yuudah selamat malam.


Baca Juga
Previous Post Next Post