Pengertian,Fungsi dan Macam-macam Launchpad

 DULU OFFICIAL - Launchpad merupakan salah satu alat musik modern yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Memang alat ini hanya digunakan untuk musik tertentu saja, salah satunya musik yang dimainkan dengan cara menekan tombol dengan bunyi yang berbeda-beda. Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi musik DJ. Apa itu DJ ? 






Disjoki (Discjockey) atau joki cakram biasa disingkat DJ merupakan seseorang yang memainkan sebuah lagu dengan sedemikian rupa dengan tambahan bumbu-bumbu untuk membuat pendengarnya merasa terhibur. Biasanya DJ menggunakan alat musik bantu seperti launchpad. Apa itu Launchpad ? Apa Fungsi Launchpad ?



Pengertian Launchpad 


Launchpad merupakan alat music modern yang digunakan untuk mengaransemen ulang sebuah lagu yang dibuat oleh seorang ahli yang bernama Novation pada tahun 2009. Alat music ini biasanya sebagai alat pengganti bagi para Dj yang sudah ahli di bidang Electronic Dance Music (EDM).



Fungsi Launchpad


Fungsi dari alat music ini adalah untuk mixing , dipping, drum pattern, mapping , trigger loops dan juga bisa menggerakkan sebuah parameter layaknya Fade dan cross. Alat ini bisa begitu dikarenakan terdapat software yang membantu alat music ini.



Jenis-Jenis Launchpad 



  1.       Launchpad Original

Launchpad original merupakan sebuah alat music Dj yang diproduksi oleh Novation pada waktu itu, dikarenakan dialah orang yang pertama kali menemukan alat music ini. novation sudah mengembangkan MIDI Controller dengan 64 tombol yang dimilikinya.



  1.       Launchpad S

Setelah merilis Launchpad original kemudian Novation juga mengembangkan alat music tersebut , sehingga tak lama kemudian dia merilis Launchpad baru yang sudah diberi tambahan fitur dan tampilan yang sudah diperbaharui. Dengan pembaruan alat music ini, sehingga novation memberi nama Launchpad S untuk alat music ini. berikut merupakan keunggulan Launchpad S dibandingkan Launchpad Original.


  1.       Lebih responsive atau memiliki respon yang lebih cepat
  2.     Memiliki cahaya LED yang lebih terang
  3.       Kalian tidak perlu menginstal drive
  4.     Bisa terhubung langsung dengan aplikasi Novation
  5.     Memiliki launchpad pada iPad.

 


  1.       Launchpad Mini

Setelah merilis Launchpad Original dan Launchpad S kemudian Novation terus mengembangkan alat music Dj ini, sehingga dia membuat sebuah Launchpad mini. Meskipun bentuknya yang mini fitur yang terdapat di dalam Launchpad ini sama seperti yang ada di Launchpad S loh.  Yang membedakan dari keduanya hanyalah bentuk yang lebih kecil.



  1.       Launchpad MK2

Setelah merilis Launchpad Original, Launchpad S dan Launchpad Mini. Novation masih terus mengembangkan alat music itu hingga dia membuat sebuah Launchpad yang terbaru dibandingkan Launchpad yang sudah dibuat sebelumnya. Akan tetapi Launchpad yang satu ini masih memerlukan “Ableton Live” untuk bisa digunakan oleh kalian.


Berikut merupakan fitur yang ada di Launchpad MK2


  •     Memiliki cahaya RGB untuk mencolokkan warna clip di Ableton Live,
  •     Posisi port USB diubah dari versi sebelumnya
  •     Memiliki kemampuan untuk merubah MIDI Channels


  1.       Launchpad PRO

Setelah menciptakan keempat Launchpad tersebut, novation masih terus mengembangkan alat music ini , sehingga dia menciptakan sebuah Launchpad yang memiliki fitur baru yang sangat banyak dibandingkan Launchpad versi sebelumnya. Sehingga dia memberikan nama Launchpad PRO untuk alat music yang satu ini. berikut merupakan fitur yang ditambah dalam Launchpad yang satu ini.


  1. Memiliki tampilan yang baru,
  2. Lebih responsive pada saat digunakan,
  3. Memiliki 16 tombol extra,
  4. Memiliki fitur new User Mode,  
  5. Memiliki tombol untuk setup Mode, 
  6. Memiliki MIDI In/out untuk menghubungkan synthesizer ,
  7. Terdapat Konektor Power Supply untuk menjalankannya pada standalone mode.



Gimana nih, sekarang kalian sudah tahu kan apa itu lauchpad , fungsi dan jenis-jenisnya. Jadi kalau ada yang tanya tentang launchpad, kalian bisa langsung menjawab dengan benar, tanpa harus kebingungan apa itu launchpad. Jika kalian ingin belajar menggunakan alat musik ini, tenang saja ada Youtube yang memberikan solusi ketika kalian kebingungan. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian semua.


Baca Juga
Previous Post Next Post