Kunci Jawaban 25 Latihan Soal Pramuka Saka Kencana

 DULU OFFICIAL - Cieee yang masih nungguin kunci jawaban latihan soal kemarin, heheheh tenang-tenang kunci jawabannya sudah siap kok. Tingga di eksekusi saja oleh kakak semuanya. Jadi kakak-kakak bisa cocokkan jawaban dengan kunci jawaban yang sudah aku buat ini yah, jika ada perbedaan yang siknifikan kakak, bisa langsung komen di kolom komentar yah.



Kunci jawaban 25 latihan soal Saka Kencana ini saya buat dengan kata-kata saya sendiri, dan tidak mengambil soal-soal yang tertera di website lain. Kakak-kakak silahkan menggunakan latihan soal dan kunci jawaban ini untuk kepentingan organisasi pramuka terutama Saka Kencana seluruh indonesia.  Untuk kembali kedalam soal, kakak bisa klik tombol di bawah ini.



Kunci Jawaban 25 Latihan Soal Pramuka Saka Kencana



1. Saka Kencana itu sendiri merupakan sebuah wadah kegiatan dan pendidikan untuk peningkatan pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat, dalam bidang keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan.


2. Saka Kencana memiliki 5 krida yaitu Krida Kependudukan, Krida Ketahanan Keluarga, Krida Promosi dan KIE, Krida Kesehatan Reproduksi, dan Krida Generasi Berencana (GenRe).


3. Saka kencana berada langsung di bawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).


4. Saka Kencana merupakan salah satu satuan karya di bidang keluarga sejahtera dan pengembangan kependudukan


5. Kepanjangan dari BKKBN adalah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional


6. Penduduk merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) maupun orang asing yang bertempat tinggal di wilayah indonesia dan telah menetap atau berniat menetap minimal selama 1 tahun.


7. Kependudukan merupakan halmikhwal yang berkaitan dengan jumlah, struktur, pertumbuhan, persebaran, mobilitas dan kualitas serta kondisi kesejahteraan yang menyangkut politik, ekonomi, sosial dan budaya , agama serta lingkungan penduduk setempat.



8. Komposisi penduduk merupakan pengelompokan penduduk berdasarkan karakteristik seperti biologi, sosial, ekonomi, geografi, dan suku bangsa.


9. Sumber data kependudukan bersumber dari sensus penduduk, Survei Kependudukan dan Pendaftaran/Registrasi oleh Kementrian Dalam Negeri (DUKCAPIL).


10. Bantuk TKK (Tanda Kecakapan Khusus) pada Krida Kependudukan untuk Tingkatan Pramuka Siaga adalah segitiga


11. Bantuk TKK (Tanda Kecakapan Khusus) pada Krida Kependudukan untuk Tingkatan Pramuka penggalang adalah lingkaran 


12. Bantuk TKK (Tanda Kecakapan Khusus) pada Krida Kependudukan untuk Tingkatan Pramuka penegak adalah persegi



13. Bantuk TKK (Tanda Kecakapan Khusus) pada Krida Kependudukan untuk Tingkatan Pramuka pandega adalah Segilima


14. Krida Generasi Berencana memiliki 3 TKK yaitu TKK PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan), TKK TRIAD KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja), dan TKK Kecakapan Hidup / Life Skills


15. Sasaran dari Program GenRe ini adalah remaja 10-24 tahun yang belum menikah, mahasiswa/mahasiswi yang belum menikah, keluarga, dan masyarakat peduli remaja



16. Aspek-aspek yang berkaitan dengan kehidupan keluarga antara lain Aspek Kesehatan, Aspek Mental, Aspek Emosional, Aspek Pendidikan, Aspek Ekonomi, Aspek Sosial, Jumlah dan jarak kelahiran.



17. Isi Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019, Tanggal 14 Oktober 2019 berisi tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. (1) Perkawinan hanya diizinkan pria dan wanita sudah mencapai umur 19 tahun.

18. Bahaya Seks Pra Nikah antara lain Kehamilan tidak diinginkan (KTD), Aborsi, Infeksi Menular Seksual (IMS)


19. Kepanjangan nari NAPZA adalah Narkotika Psikotropika, dan Zat Aditif


20. Dampak dari mengkonsumsi NAPZA antara lain kecanduan. perubahan tingkah laku yang tidak semangat, lemas, emosi dan mengantuk, membutuhkan perubahan kestabilan emosional, Perubahan kestabilan emosi, kerusakan serius pada organ-organ tubuh, dan kematian 


21. Life Skills merupakan keterampilan atau kemampuan untuk mendapatkan perilaku positif dan bedapatasi dengan lingkungan, yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif.


22. Keterampilan Fisik, Keterampilan Mental, Keterampilan Emosional, Keterampilan Spiritual, Keterampilan Kejujuran dan keterampilan menghadapi kesulitan.


23. Membantu remaja terkait pertumbuhan & perkembangan pribadi (fisik, mental, emosional, dan spiritual), Membantu remaja terkait pertumbuhan & perkembangan sosial (melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat, & mempraktekkan hidup sehat)


24.  SAKA yaitu Satuan Karya


25.  Dipeingatinya ulang tahun Saka Kencana pada tanggal 26 Mei 

 





Nah gimana nih jawaban kakak semuanya, sudah bener semua apa masih ada yang salah. Selamat yah untuk kakak yang sudah berhasil menjawab 25 soal ini dengan benar, dan untuk kakak yang masih memiliki jawaban salah, tidak perlu berkecil hati, terus asah kembali pengetahuan kakak tentang dunia pramuka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kakak-kakak semuanya, see you.

Baca Juga
Previous Post Next Post