7 Kapal Selam Dengan Teknologi Tercanggih di Dunia

DULU OFFICIAL - kapal selam ketika diartikan dalam bahasa inggris adalah submarine merupakan salah satu kapal yang bergerak di bawah permukaan laut. Biasanya kapal selam ini digunakan untuk kendaraan militer, akan tetapi kapal selam juga dapat digunakan untuk mengetahui ekosistem di bawah air yang tidak dimungkinkan manusia untuk menyelam. Tentunya jenis kapal selamnya berbeda yah. 



7 Kapal Selam Dengan Teknologi Tercanggih di Dunia



Sejarah kapal selam berawal pada tahun 1620 yang ditemukan oleh insinyur dari Belanda yang bernama Cornelis Jacobszoon Drebbel. Beliau pertama kali membuat sebuah kapal yang dapat tenggelam mencapai 4.5 meter dibawah permukaan laut dengan  dilapisi oleh kulit.



Tentunya dengan berkembangnya teknologi yang semakin mutahir sangat berdampak langsung terhadap produksi dari kapal selam itu sendiri. Banyak negara-negara berlomba untuk membuat kapal selam canggih dengan teknologi terbarunya. Penasaran apa aja kapal selam canggih yang telah diciptakan ini ? apakah indonesia salah satu dari negara yang berlomba-lomba membuat kapal selam canggih itu ? hemmmmmmm yuk simak uraian berikut ini.



1. Kapal Selam Seawolf ( amerika serikat)



Kapal selam tercanggih di dunia awal merupakan kapal selam seawolf. Kapal selam yang satu ini kerap dikatakan selaku kapal selam pemburu pembunuh termahal di dunia. Sebab kapal ini mempunyai 8 tabung torpedo 660 milimeter yang digunakan buat meluncurkan Torpedo Mk. 48 serta rudal anti- kapal Harpoon. Tabung torpedo pula dapat digunakan buat meluncurkan rudal jelajah serbuan darat Tomahawk dengan jangkauan 1. 700 kilometer, kombinasi 50 torpedo, Sub Harpoon serta Tomahawk. Kapal ini terbuat buat mengembalikan keunggulan teknologi Angkatan Laut Amerika Serikat atas Soviet pada tahun 1945 sampai 1980- an. Kapal ini dapat menghancurkan kapal rudal balisttik kepunyaan Rusia, semacam Kelas Topan serta kelas Akula. Kepal selam ini mempunyai keahlian buat melewati susunan dasar es di kutub, serta pula kapal ini dapat melaju dengan kecepatan lebih kilat dibanding kapal selam yang lain.



2. Kapal Selam Virginia ( Amerika Serikat)



Kapal selam tercanggih di dunia kedua merupakan Kapal Selam Virginia. Kapal selam Virginia ini ialah salah satu kapal miliki militer Angkatan laut(AL) Amerika Serikat yang bertenaga Nuklir. Kapal ini mempunyai keahlian yang tidak jauh dari kapal selam seawolf. Kapal yang satu ini di desain lebih keci, lebih fleksibel serta mempunyai harga yang lebih murah. Walaupun lebih kecil kapal ini masih dilengkapi dengan 12 Tabung Sistem Peluncuran Vertikal( VLS) yang digunakan buat meluncurkan rudal jelajah serbuan darat Tomahawk dengan jangkauan 1. 700 kilometer. Tidak hanya itu kapal selam ini dilengkapi dengan tabung torpedo 533 milimeter, yang digunakan buat menembakkan 26 Mk. 48 torpedo kelas berat serta rudal anti kapal selam.



3. Kapal Selam Astute ( Inggris)


Kapal selam tercanggih di dunia ketiga merupakan kapal selam astute. Kapal selam yang satu ini ialah kepunyaan angkatan laut kerajaan inggris pada tahun 2010. Kapal ini bergerak dengan memakai tenaga nuklir loh. dengan tugas yang sangat berat kapal ini mempunyai tabung torpedo 533 milimeter, yang digunakan buat meluncurkan Torpedo Spearfish, rudal anti- kapal Sub- Harpoon serta rudal jelajah Tomahawk. Rudal jelajah serbuan Blok Tomahawk Blok IV mempunyai jangkauan 1. 700 kilometer yang bisa menargetkan kapal musuh serta sasaran di darat.



4. Kapal Selam Graney ( Rusia)



Kapal selam tercanggih di dunia keempat merupakan kapal selam graney. Kapal selam yang satu ini ialah kapal terkini buatan rusia. Kapal ini telah di bauat pada tahun 1993 hendak namun ditengah ekspedisi pembuatan kapal ini dihentikan setelah itu dilanjutkan beberpa tahun berikutnya. kapal selam ini awal kali digunakan oleh angkatan laut Rusia pada tahun 2013. Pastinya kapal buatan rusia hendak membagikan teknologi yang sangat menakutkan loh! buktinya kapal selam ini mempunyai 24 tabung peluncuran vertikal buat bermacam tipe rudal jelajah tercantum P- 800 Oniks( SS- N- 26) yang mempunyai jangkauan tembak sepanjang 300 kilometer. Tidak hanya itu kapal ini pula dilengkapi dengan 8 tabung torpedo 650 milimeter yang bisa meluncurkan torpedo serta rudal anti- kapal.



5. Kapal Selam Sierra II ( Rusia)



Kapal selam tercanggih didunia kelima merupakan kapal Selam Sierra II. Kapal yang satu ini ialah kapal terbaik yang dipunyai oleh angkatan laut rusia. Kapal ini dapat menyelam sampai kedalaman 520 m hingga 750 m dibawah permukaan laut. Sepanjang ini tidak terdapat kapal selam yang menandingi kapal selam sierra II. Walaupun kapal tercanggih seawolf buatan Amerika Serikat tidak dapat beroprasi di kedalaman semacam itu.


Baca Juga
Previous Post Next Post