6 Website Tertua Yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

 DULU OFFICIAL - Web atau World Wide Web (W3) merupakan suatu sistem internet yang mendukung sebuah file dengan format tertentu. Biasa sebuah dokumen akan diformat dalam bahasa markup HTML / HyperText Markup Language. Nah pernakah teman-teman mengetahui website tertua di dunia yang masih aktif sampai saat ini ? Apakah Wikipedia ? apakah website dari indonesia ?


6 Website Tertua Yang Masih Aktif Hingga Saat Ini


Tentunya website tertua ini jarang sekali temen-temen temukan , dikarenakan dengan adanya website baru dengan tampilan yang lebih menarik dibandingkan website lama. Untuk masalah tampilan / User Intervace jangan berharap tinggi yah, dikarenakan tampilan dari websitenya masih sangat sederhana, akan tetapi website ini telah menjadi saksi bisu perkembangan website dari tahun ke tahun.


7 Website Tertua di dunia yang masih aktif sampai saat ini



  • ITCorp (1986)



6 Website Tertua Yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

Website tertua pertama yaitu ITCorp. ITCorp adalah salah satu website yang memberikan sebuah layaran konsultan perangkat lunak. Meskipun tampilan dari website ini sangat sederhana , namun memiliki manfaat yang sangat baik. Jika temen-temen berminat untuk menggunakan layanan website ini bisa langsung menghubungi itcorp@gmail.com. Hal unik yang ada di webiste ini yaitu terdapat alasan mengapa memiliki tampilan yang sangat sederhana seperti berikut 

"Kami tidak secara aktif mencari bisnis luar. Halaman Web ini ada terutama untuk memenuhi kebutuhan mereka yang mengharapkan setiap domain memiliki kehadiran Web.



  • Vortex Technology (1986)


6 Website Tertua Yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

Website tertua selanjutnya adalah Vortex Technology. Website ini dibuat sekitar tahun 1986 di Amerika Serikat. Untuk fungsi dari website ini kurang begitu jelas namun terdapat sebuah kalimat seperti ini 


"Vortex Technology TIDAK memproduksi, menyediakan, menjual, atau memperbaiki tablet, telepon seluler/seluler, atau perangkat optik apa pun."


Mungkin ada maksud tersembunyi dari kalimat di atas. Untuk tampilan website ini terbilang sangat sederhana akan tetapi sudah memiliki hyperlink dari halaman 1 ke halaman lainnya.


 

  • Texas Internet Consulting (1987)

6 Website Tertua yang masih aktif hingga saat ini


Website tertua lainnya yaitu Texas Internet Consulting. Jika dilihat dari namanya website ini memberikan sebuah layanan konsultadi di bidang tertentu seperti  Arsitektur Sistem GNU/Linux,  Arsitektur Sistem Unix, Desain Jaringan TCP/IP, Keamanan jaringan, Pengembangan Alat Sumber Terbuka. Untuk masalah tampilan dari website ini masih sangat sederhana akan tetapi sudah mulai tertata menu dan peletakan logo.

 


  • San Francisco Fogcam (1994)

6 Website Tertua Yang Masih Aktif Hingga Saat Ini

 

Website tertua selanjutnya yaitu San Francisco Fogcam. Website ini dibuat karna proyek mahasiswa di departemen of intruction Technologies , San Francisco State University.  Pada web ini kalian akan disambut dengan judul "The San Francisco FogCam" yang memiliki arti "Kamera Kabut San Franciisco". Kalimat selanjutnya yaitu "The Wold's Oldest webcam. Live san Francisco Views since 1994" artinya "Webcam tertua di dunia. Tampil langsung di San Francisco sejak 1994". 

 


  • Welcome to Netscape (1994)


6 Website Tertua Yang Masih Aktif Hingga Saat Ini



Website selanjutnya yaitu Welcome to Netscape. Website ini dibuat pada sekitar tahun 1994. Fungsi dari webite ini adalah sebagai industri penjelajahan web di tahun 90-an. Akan tetapi website ini jatuh akibat kurangnya peminat dan berpaling ke internet explorer. Namun website ini sangat berjasa bagi dunia teknologi pada saat itu, dikarenakan mengembangkan SSL / Secure Sockets Layer Protocol dan masih digunakan sampai saat ini.


 

  • Milk.com (1994)


6 Website Tertua Yang Masih Aktif Hingga Saat Ini



Website yang terakhir yaitu Milk.com. Ketika kalian menggunjungi website ini akan disuguhi dengan kalimat ucapan selamat datang seperti ini 

"Selamat Datang di Milk Communications Co-Op

Saluran Laktosa Anda.

Didirikan tahun 1994"

 

Untuk fungsi dari website ini, terbilang tidak begitu jelas, hanya ada beberapa hyperling yang menuju ke halaman lain.

 

Nah itulah 6 Website tertua yang masih aktif hingga saat ini. Tentunya website tersebut telah melewati masa-masa gemilangnya dan masih bertahan di era website yang sudah canggih dan menerapkan SEO. Cukup sekian dulu penjelasan di artikel ini, semoga bermanfaat See You Next Artikel.

Baca Juga
Previous Post Next Post